Inspiratif - The Card Player

Paul Cezanne adalah seorang seniman berdarah Perancis yang lahir pada 19 Januari 1839. Ia melukis sebuah karya lukisan cat minyak yang berjudul The Card Players. Lukisan ini tercatat sebagai lukisan dengan harga jual paling tinggi untuk saat ini. The Card Players dilukis pada periode akhir masa-masa Cezanne berkarya, yaitu diawal tahun 1890-an. Ada lima buah seri lukisan ini, yang semuanya menggambarkan orang-orang yang sedang duduk bermain kartu. Kelima lukisan ini memiliki variasi ukuran dan jumlah orangnya. Sebelum melukis The Card Players, Cezanne telah menyelesaikan terlebih dahulu beberapa lukisan lainnya dan mempelajari banyak hal sebagai persiapan menciptakan lima seri The Card Players. Salah satu dari seri The Card Players terjual pada tahun 2011 dengan harga US$267 juta, yang membuat lukisan ini sebagai karya seni termahal yang pernah dijual pada saat itu. Cezanne meninggal dunia pada 22 Oktober 1906 disebabkan oleh penyakit pneumonia, yaitu suatu radang pada paru-parunya. Tetapi namanya sudah terukir sebagai bapak seni yang karyanya memiliki nilai yang tinggi.

          Banyak sekali orang di dunia ini yang sangat menyukai karya seni. Mereka memiliki rasa haus untuk melihat benda-benda yang indah, terutama jika benda tersebut dapat dipajang didalam rumah mereka sendiri. Orang-orang seperti ini rela menghabiskan dana yang banyak asalkan berhasil mendapatkan apa yang mereka inginkan. Karena, sebuah lukisan atau karya yang indah dapat mewarnai isi rumah mereka dengan kesegaran yang baru. Juga dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi setiap pecinta seni.

          Dunia ini semakin hari semakin jahat. Sangat sering kita temukan orang dengan hati yang tidak tulus, yang tidak dipenuhi dengan kebaikan dan cinta kasih kepada sesama. Penipuan dan dendam ada dimana-mana. Ketika kita menaruh kepercayaan kepada seseorang, ternyata orang tersebut menyakiti hati kita. Karena itu, banyak orang yang merindukan adanya kasih yang dapat mewarnai kehidupan mereka. Orang-orang tersebut rindu untuk menemukan sosok yang memiliki nilai-nilai kebenaran didalam kehidupannya.

          Sebagai anak-anak Tuhan, kita harus bisa menjadi sosok yang dicari tersebut! Hiasilah kehidupan sesama kita dengan warna-warna yang indah yang dapat kita berikan bagi mereka. Lukislah karya-karya yang cantik sehingga siapapun akan bersukacita jika berada didekat kita. Dalam pengajaran-Nya dibukit, Tuhan Yesus berfirman, “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Mat 5:16). Ada dua keuntungan ketika hidup kita bisa memberikan warna yang indah bagi sesama, yaitu selain memberkati sesama, juga membuat Bapa dimuliakan. Karena itu, mulailah untuk mewarnai kehidupan orang lain, terutama yang ada di sekitar kita!


0 comments:

Thanks for commented