Sokhi: 7 Kebiasaan buruk yang merusak Otak

Kebiasaan Buruk Yang Merusak Otak – Otak manusia adalah pusat pengendalian seluruh tubuh yang mana otak memiliki lebih dari 100 milyar syaraf, dan masing-masing syaraf tadi terhubung ke 10 ribu syaraf lain, Coba anda bayangkan betapa rumitnya susunan otak manusia.
Sudah dijelaskan sebelumnya, otak manusia merupakan pusat pengendali sistem syaraf pusat. Selain itu, otak juga mengendalikan hampir semua gerakan,perilaku,serta berbagai fungsi tubuh seperti tekanan darah, detak jantung, keseimbangan antara cairan dan suhu dalam tubuh,dll.


7 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Otak 

7 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Otak
Bukan hanya itu, otak juga bertugas untuk fungsi lain seperti pengenalan emosi dan pembelajaran motorik, benar-benar tugas yang luar biasa rumit. Untuk itulah anda harus menyayangi otak anda dan mulai untuk menghindari ataujika bisa menghilangkan sama sekali kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa merusak otak anda.
Ada 7 kebiasaan buruk yang merusak otak yang akan dijelaskan kali ini dan jika anda memperhatikan hampir semuanya adalah kebiasaan kecil dan sering kita lakukan, bahkan terasa remeh. Tapi percayalah, meskipun terkesan kecil dan diremehkan. 7 kebiasaan buruk yang merusak otak dibawah ini benar-benar harus anda hindari:
Langsung saja ke daftar 7 kebiasaan buruk yang merusak otak :

1.Sering Meninggalkan Sarapan Pagi

Ini adalah hal yang sering kita lakukkan, dengan alasan terlamabt sekolah atau terlambat kerja. Banyak orang yang meninggalkan sarapan pagi. Orang-orang yang sering meninggalkan sarapan pagi akan memiliki kadar gula darah yang rendah yang berakibat pada rendahnya suplai nutrisi untuk “makan” otak.


2. Terlalu Banyak Makan

Terlalu banyak makan ternyata juga menjadi salah satu penyebab kerusakan otak. Terlalu banyak makan, terlebih lagi jika yang dikonsumsi adalah makanan berkadar lemak tinggi. Hal itu bisa mengakibatkan penimbunan leman pada dinding dalam pembuluh darah yang bisa mengakibatkan pembuluh darah otak mengeras. Ujungnya, kinerja otak akan menurun.


3.Merokok

Yang satu ini sudah umum, rokok mengandung banyak sekali bahan berbahaya dan bisa dikatakan rokok adalah racun bagi tubuh anda. Jadi, sebisa mungkin jangan merokok agar kinerja tubuh anda, termasuk anda tetatp terjaga.


4. Konsumsi Gula Berlebih

Menkonsumsi gula terlalu banyak ternyata juga bisa merusak otak. Konsumsi gula berlebih akan membuat penyerapan protein dan nutrisi terganggu yang berakibat pada ketidakseimbangan gizi. Ujungnya, hal itu akan menganggu perkembangan otak.


5. Tidak Menggunakan Masker Polusi Udara

Polusi udara adalah hal umum yang terjadi dimanapun, namun jika ditilik lebih dalam ternyata hal ini berakibat butuk pada otak. Jika kita tidak menggunakan masker, maka oksigen yang kita hirup akan menurunkan suplai oksigen ke otak. Padahal kita tahu bahwa otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh.


6. Kurang Waktu Tidur

Waktu tidur adalah waktu beristirahat otak untuk kembali memulihkan kemampuannya. Kurangnya waktu tidur bisa mempercepat kerusakan sel-sel otak.


7. Menutup Kepala Saat Tidur

Tentunya anda juga tidak mengira bahwa hal seperti ini bisa merusak otak. Tapi, kebiasaan menurup kepala saat tidur ternyata berakibat meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida sehingga menurunkan proses menghirup oksigen. Ujung-ujungya adalah hal ini bisa memunculkan efek kerusakan pada otak.

0 comments:

Thanks for commented